Media belajar Islam – Ahlus Sunnah Wal Jamaah – Sunni Salafiyah

Aqidah golongan yang selamat – al Firqah an-Najiyah

Haul dan Ziarah Kubur

leave a comment »

H A U L & ZIARAH KUBUR
===================
Salah satu amaliah ASWAJA yang tidak luput dari sorotan sebagian kaum adalah kegiatan HAUL atau Ziarah Kubur ke makam orang –orang sholih yg diselenggarakan setiap tahunnya khususnya oleh Warga Nahdliyin .
.
Mensikapi hal tsb pada kesempatan kali ini saya akan mencoba utk sedikit mengulas nya dg harapan agar bisa meminimalisir syukur syukur bisa menghilangkan kesalah fahaman yg muncul atau sengaja dimunculkan oleh segolongan kaum terhadap kegiatan HAUL dan Ziarah Kubur
.
Kata “H A U L” berasal dari bahasa Arab yang berarti setahun.
Peringatan “H A U L” berarti peringatan setiap setahun sekali.
.
Khususnya di Indonesia kata “H A U L” ini sering diberi akhiran “AN” sehingga menjadi “HAULAN”.
.
Akhiran “AN” dalam bahasa Indonesia bisa berarti sesuatu yang dilakukan berulang – ulang, seprti dalam kata : Agustusan – Selamatan – Arisan – Mauludan – Yasinan – TAHLILAN – DLL.
.
Akhiran “AN” dlm bahasa Indonesia menunjukkan pengulangan atau sesuatu yang dilakukan berulang –ulang.
.
Dalam salah satu Hadits telah dijelaskan sebagai berikut:
.

كَانَ النَّبِيُّ يَأْتِي قُبُوْرَ الشُّهَدَاءِ عِنْدَ رَأْسِ الْحَوْلِ فَيَقُوْلُ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ قَالَ وَكَانَ أَبُوْ بَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَانُ يَفْعَلُوْنَ ذَلِكَ (مصنف عبد الرزاق 6716 ودلائل النبوة للبيهقى 3 / 306)
“Diriwayatkan dari Muhammad bin Ibrahim al-Taimi, ia berkata: Rasulullah Saw mendatangi kuburan Syuhada tiap awal tahun dan beliau bersabda: Salam damai bagi kalian dengan kesabaran kalian. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu (al-Ra’d 24). Abu Bakar, Umar dan Utsman juga melakukan hal yang sama” (HR Abdurrazzaq dalam al-Mushannaf No 6716 dan al-Baihaqi dalam Dalail al-Nubuwah III/306)
(Derajat Hadits Shohih)
.
Dalam hadits tersebut telah dijelaskan bahwa Rosululloh saw setiap tahun mengunjungi makam para shohabatnya di Gunung Uhud..

Dengan demikian maka dapat difahami bahwa kegiatan HAUL atau berziaroh ke makam para Wali Sanga atau makam org org sholih lainnya sebagaimana yg diamalkan oleh mayoritas ASWAJA setiap tahun adalah merupakan perwujudan ummat Islam dalam rangka melaksankan Sunnah Rosululloh saw dan para shohabatnya.
.
PERTANYAANNYA ADALAH:
Mereka yg begitu intens mempermasalahkan ummat islam yg melakukan Ziarah ke makam Wali Sanga atau makam org org sholih lainnya, bahkan ada yg ekstrim dengan memberikan label sebagai PENYEMBAH KUBUR, kira kira mereka mengikuti Sunnah-nya siapa????
.
Demikian sekilas penjelsan singkat soal HAUL dan Ziarah Kubur.
Semoga ada manfaatnya.
-Al-Hikmah-

Written by SunniAswaja

July 22, 2016 at 4:01 pm

Posted in Ahlusunnah, Ibadah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: